Sugity Creatives dan UNJ Perkuat Literasi Anak Usia Dini Lewat Buku EHON
Masa depan bangsa dimulai dari halaman pertama buku. Sugity Creatives rayakan ulang tahun dengan membagikan 40.000 buku EHON demi generasi emas Indonesia.

MNAINDONESIA.ID - Masa depan bangsa adalah tanggung jawab kolektif, termasuk perusahaan asing yang menanamkan investasi di Indonesia. Sugity Creatives, anak perusahaan Toyota Auto Body Japan yang telah 30 tahun berkiprah di Tanah Air, merayakan hari jadinya dengan cara yang inspiratif: membagikan 40.000 buku cerita bergambar EHON kepada anak-anak usia dini di berbagai daerah.
Mengusung tema “Budaya Literasi Sejak Dini Membentuk Generasi Emas yang Berkarakter, Kreatif, dan Berbudi Pekerti Luhur”, acara ini menjadi momentum penting yang sekaligus menandai 15 tahun komitmen Sugity dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) yang fokus pada penguatan pendidikan anak usia dini.
Dalam pelaksanaannya, Sugity bekerja sama dengan Program Studi Linguistik Terapan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk menerjemahkan buku-buku EHON dari Jepang ke dalam bahasa Indonesia, agar lebih mudah diakses dan dipahami anak-anak di Indonesia.
Digelar di Bekasi, perayaan ini berlangsung semarak dengan kehadiran ratusan anak dari sanggar PAUD, Wakil Bupati Bekasi dr. Asep Surya Atmaja, CEO dan jajaran direksi Sugity Creatives, serta tokoh pendidikan nasional Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., bersama penulis buku EHON asal Jepang, Motoko Matsuda.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bekasi menyampaikan rasa terima kasihnya atas kontribusi Sugity.
“Saya sangat mengapresiasi kepedulian Sugity terhadap pendidikan anak usia dini. Jika perusahaan-perusahaan besar lain di Kabupaten Bekasi juga menyalurkan CSR-nya ke sektor ini, saya yakin generasi emas akan tumbuh dan berkembang di wilayah kami terlebih dengan dukungan akademik dari universitas ternama seperti UNJ,” ujarnya.
Sementara itu, Prof. Dr. Endry Boeriswati menekankan bahwa masa anak usia dini adalah periode emas dalam kehidupan.
“Anak-anak pada usia ini sedang haus akan bacaan. Inilah masa krusial untuk menumbuhkan literasi yang akan menjadi bekal hidup mereka di masa depan. Karena itu, bacaan sehat dan ramah seperti EHON sangat penting diperkenalkan sejak dini,” jelasnya saat menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Motoko Matsuda.
Presiden Direktur Toyota Auto Body Indonesia, Katsuhiro Matsuo, menutup acara dengan pernyataan penuh visi.
“Saya percaya, membaca adalah fondasi negara yang kuat. Karena itu, kami menjadikan literasi anak usia dini sebagai fokus utama dalam program CSR kami. Kami ingin berbagi keberhasilan pendidikan di Jepang kepada anak-anak Indonesia,” katanya saat peluncuran resmi buku-buku EHON.
Melalui kolaborasi lintas sektor ini, Sugity Creatives bersama UNJ tak hanya memperingati ulang tahun perusahaan, tetapi juga memperkuat fondasi pendidikan literasi sebagai investasi berharga untuk masa depan Indonesia.
Dengan semangat kolaborasi antara sektor swasta, pemerintah daerah, dan dunia akademik, Sugity Creatives menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial bukan hanya tentang bisnis, tetapi juga tentang membentuk masa depan generasi bangsa.
What's Your Reaction?






